Selasa, 02 Maret 2010

rancangan oh rancangan 1


jujur saja, kebingungan melanda beberap hari ini. memiliki banyak blog dengan isi yang hampir sama semuanya menjadikan saya sendiri merasa Aneh. kenapa tidak ada pembagian apapun.sastra, sosial, kampus bercampur baur dala semua blog. mendadak ingin memilih salah satu blog menjadi catatan harian saya selam amenyelesaikan rancangan pabrik. yah, itung -itung reminderlah apa- apa yang sudah terjadi, yang sudah diubah dari sebuah rancangan ,dan perkembangan hariannya. adakah satu abjad ataupun satu garis tangki bertambah difile rancangan pabrik. atau malah statis lagi seperti yang sudah - sudah..

untuk tahap awal saya memilih MP ini sebagai lahan mengenang. yah, kita lihat saj betah atau tidak, karena diWp ternyata lebih gampang lagi menjelajah.

oklah....uji coba dimulai..

dua hari ini akhirnya saya bisa konsul juga dengan dosen pembimbing satu. dan agendanya hanyalah kosultasi flowsheet. flowsheet ini sendiri adalah gambar - gambar tangki yang digunakan sebagai gambaran alat - alat yang diperlukan dalam sebuah proses produksi. nah,untuk flowsheet ini sendiri tidak bisa asal jadi, bukan hanya menggambarkan tangki, pompa dan anak - anaknya langsung diserahkan kepembimbing. ada kreasi yang juga harus diperhatikan. jangan sampai orang lain yang melihat gambar tersebut malah bingung dan tidak menangkap makna gambar tersebut. ntar malah dikirain gambar robot..

floshit( biar gampang nulisnya, ) ini sebenarnya sudah dimulai penggarapannya sejak sebelum lebaran idul adha, karena satu dua hal, baik kemalasan saya sendiri, dan juga terlalu sibuk dengan rutinitas lain, belum lagi kala itu penelitian belum dipresentasikan, so fikiran bercabang - cabang dengan kemalasan tingkat tinggi menghasilkan floshit yang tetap itu - itu saja gambarnya dari hari kehari.

satuhal yang tak bisa dielakkan oleh segenap mahasiswa yang sedang ngambil rancangan pabrik adalah kesulitan memulai jika sudah menjedakan pengerjaannya beberapa saat, padahal jika mau dilirik satu hari satu jaaaam saja, setidaknya ada beberapa bagian yang bertambah... nah, giliran sudah start lagi, jangan harap teringat istirahat, sudah kecanduan ngerjainnya.. malah bisa lupa makan... (pengalaman)


kembali kefloshit..
lebih dari dua bulan dibiarkan saja, bahkan sekali sebulan dilirik, akhirnya sifloshit jadi juga dalam tempo hanya semalam saja (malam senin,ingat tu baek - baek, parahkan!!!! ditunda dua bulan, padahal hanya semalam saja jika mau fokus kelar. how poor u ar ). lalu esoknya langsung dikonsulkan dengan Pb I( pembimbing I- red), n ternyata ada beberapa perubahan, alias pengurangan alat..senangnya, ga perlu ngitung neraca massa banyak - banyak,(meski tetap banyak juga yang harus dihitung).

hari senin , cyclone yang merupakan alat lanjutan setelah bahan baku metil ester diumpankan kereaktor sulfonasi ternyata disarankan delete saja, lalu penguapan metanol dari evaporator disarankan menjadi pemanas diHE yang masuk kebleaching tank... penghematan lagi..good..good..,,

lalu bersama partner setia, k'sri , senior satu letting diatas saya, floshit langsung kami rubah saat itu juga, dan lokasi pengerjaan yang kami pilih adalah ruang seminar jurusan ujung,lumayan dinginlah, AC nya selalu hidup,posisi dekat dengan ruang rehat dosen. namun akhirnya kami harus mengungsi, menuju keruang seminar yang satunya lagi , posisi didepan ruang ADM, berhubung baterai laptop belum penuh terisi jadi harus rela mengambil posisi dibangku paling belakang yang berdekatan dengan colokan listrik.


n then, floshitpun hampir kelar, kami sama - sama lupa waktu, makan pun tak teringat, setelah zuhur, dengan semangat 45, masih melanjutkan pengerjaan floshit( ngeditnya susah lho, kalo cuma geser - geser gambar no problemlah. but, aliran proses yang juga diubah membutuhkan ketelitian dan kreatifitas agar tampilannya tidak mengernyitkan dahi..
satu yang terlupa : ngelapor kedosen kalau kami mau kosultasi lagi lepas zhuhur, , dan ternyata beliau sudah meninggalkan ruangan.. n daripada sangak dijurusan yang mulai sepi, back to kost menjadi satu - satunya pilihan.

hari kedua, yaitu tadi, floshit yang sudah rampun dihadapkan lagi dipengadilan untuk disaksikan kepantasannya, layakkah dilanjutkan kedalam barisan angka - angka bernama neraca massa atau harus direvisi total lagi... ternyataaaa...ada juga yang harus diubah, no problemlah,semakin diubah semakin berkualitas, insyaAllah, n ada juga pengurangan alat. hihihi, hitungan semakin berkurang donk...good...good...

yak, mulai sekarang sudah bisa melirik hitung- hitungan meraca massa, meski floshit masih dalam revisi, suhu reaktor belum nemu semua, karena ada yang harus dihitung dulu alias trial n error, so, alangkah baiknya neraca energi segera diselesaikan secara adat.hei..hei..neraca massa dulu, baru bisa hitung energi..

oklah... saatnya istirahat, asharpun sudah memanggil...
ntar malam dilanjutkan... ngomong2, ada manfaatnya juga ya sering nulis, kreatifitas benar - benar meningkat., lebih mudah mendesain,, Alhamdulillah kalo begitu..


Note : sepertinya mulai detik ini,MP yang dikoneksikan dengan blogspot akan dijadikan catatan harian(agak kurang yakin juga sih ) berhubung Wp saya lebih sering diikutsertakan dalam lomba dan berbagai komunitas, jadi benar2 ngefilter postingan, biar saja karya sastra n tulisan2 serius lebih banyak menjamur disana..

n bagi yang merasa keberatan dengan hadirnya tulisan - tulisan saya kedepan, yang cuma menuhin inboxnya tanpa manfaat, alias cuma berisi kegiatan harian (mungkin ya, ga tau juga, belum yakin 100% nulisnya disini, bisa jadi malah diWp) silahkan (dengan rendah hati) dengan tidak mengurangi rasa hormat meremove saya dari list friendnya, supaya tidak merasa terganggu..ga da masalah kok...

menghindari perkelahian sengit (walah), berhubung diMP beberapa kali saya temui.

kalo mau bersilaturrahim diluar dunia MP, silahkan kunjungi rumah saya diWP....

ok.... ka hek lon..
sampai ketemu dicatatan berikutnya..
( diusahakan lebih rapi lagi bahasanya, kok tumben ya ga da puisi n sejenisnya????? )


nambah ah,
teknik kimiapun lahirkan ku kreasi
pacu kedua otak, kanan dan kiri
hasilkan beragam coretan dari imajinasi

akhirnya hadir juga tulisan ini padahal tadinya ga da ide, berhubung kepala masih aneh gara2 floshit, jadi coba direhatkan siotak kiri. n ajak siotak kanan nyebur ketulisan.. :)

efek hadiah ebook cara dahsyat menjadi penulis hebatnya pak jonru dari lomba nulis pertama yang berani diikuti..





Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar